Ini 5 Tips PDAM Kota Makassar, Agar Mencegah Terjadinya Lonjakan Pembayaran

  • Whatsapp
banner 468x60

WartaTerkini.id – Makassar, Beberapa permasalahan pelanggan yang sering dikeluhkan masyarakat terkait kondisi pelayanan Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, seperti halnya Kebocoran pipa serta tidak mendapatkan air sampai hingga lonjakan pembayaran rekening air secara tiba-tiba, Minggu (6/9/2020).

Mengeni Persoalan Kebocoran tersebut, Kabag Humas Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar M. Rusli saat dikonfirmasi oleh awak media melalui Whatsapp.nya menuturkan, Kebocoran pipa salah satu penyebab dari tidak lancarnya distribusi air bahkan bisa menyebabkan pelanggan tidak mendapatkan suplay air sampai pada air berbau.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Karena faktor-faktor ini sehingga sangat diharapkan kepada seluruh pelanggan dan masyarakat untuk segera melaporkan ke PDAM Kota Makassar jika menemukan kebocoran pipa,” kata M. Rusli.

Lanjut, M. Rusli, Selain itu ada hal sangat penting untuk kita lakukan kerjasama bahkan sampai pada interaksi antara petugas Perumda Air Minum (PDAM) Makassar dengan Pelanggan itu sendiri yakni memberikan kemudahan akses kepada petugas baca meter.

“Meter merupakan salah satu alat pengukur dan merupakan pengadil antara PDAM Makassar dengan Konsumen karena ini adalah alat ukur dalam memberikan nilai pemakaian air yang berujung kepada pembayaran rekening air,” ungkapnya.

Selain itu, Masalah yang sering timbul pada permasalahan ini adalah ketika petugas baca meter tidak dapat mengakses secara langsung fisik-fisik meter, sehingga harus memasukkan angka taksasi atau angka perkiraan yang menyebabkan menumpuknya angka didalam meter atau sebaliknya.

Untuk menghindari kejadian ini, Manajemen Perusahaan Daerah (PERUMDA) Air Minum Daerah PDAM Kota Makassar mengambil langkah-langkah Pemutusan Sementara, jika pada dua bulan berturut-turut petugas tidak dapat membaca angka meter pelanggan secara langsung.

“Tindakan ini merupakan hal sangat bijak agar tidak menimbulkan permasalahan lebih besar dan kerugian antara kedua belah pihak kedepannya,” jelasnya.

Interaksi antar pelanggan sangat dibutuhkan untuk mengurangi berbagai permasalahan kesalahan pencatatan serta meminimalisir ketidak tahuan pelanggan terhadap kebocoran instalasi dalam rumah karena seorang petugas Baca Meter.

“Selain bertugas mengambil data angka meter mereka juga harus mampu menganalisa pemakaian pelanggan dan hal-hal lain yang sering terjadi pada meteran misalnya Meter macet, Buram dan kebocoran instalasi dalam rumah dan lain-lain,” tambahnya.

Adapun Tips-tips agar mencegah terjadinya lonjakan pembayaran adalah sebagai berikut :

1. Rawatlah meter anda dengan baik dan bersihkan setiap saat.
2. Jangan biarkan ada tumpukan benda-benda berat di sekitar meter air anda.
3. Permudah letak meter untuk diakses pembaca meter
4. Periksa setiap saat meter air anda utamanya pada malam hari (tekanan air kuat) dengan cara :
tutup semua kran dalam rumah anda dan periksa putaran meter, jika berputar berarti indikasi terjadi kebocoran instalasi dalam rumah anda.
5. Adakan komunikasi dengan petugas baca meter dengan mengambil nomor teleponnya.

Laporan : Muh. Arianto
Editor : Ismail. S

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *